image

PENGANTAR KERJA PRAKTIK

1.1        Deskripsi Mata Kuliah Kerja Praktik

Kerja Praktek (KP) atau Internship merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa di lembaga/instansi/perusahaan sebagai tempat KP untuk mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai dengan tugas yang diberikan oleh tempat KP tersebut. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih tempat KP yang sesuai dengan minat dan kompetensi yang ingin mereka peroleh. Program studi memberikan beberapa pilihan tempat KP yang sudah bekerjasama dengan Program Studi Teknik Industri.

 

Kompetensi yang diharapkan dari proses pembelajaran dalam MK kerja praktik terdiri dari unsur sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus di capai mahasiswa selama proses pembelajaran. Oleh karena dengan melakukan Kerja Praktek mahasiswa dapat mencapai kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan dari tempat KP mahasiswa.

Rangkaian aktivitas Kerja Praktek (KP) meliputi serangkaian kegiatan terkait dengan pelaksanaan KP, mulai dari pengajuan proposal, berkomunikasi dengan perusahaan, pelaksanaan KP, hingga pelaporan hasil kerja praktek. Selama menjalankan aktivitas KP ini, mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari seorang Dosen Pembimbing yang ditunjuk oleh Koordinator KP di Fakultas Teknik.

 

Ada dua jenis Kerja Praktek yang umum dilakukan. Pertama, Kerja Praktek Industri dilakukan di lembaga mitra seperti industri, lembaga penelitian, atau lembaga lainnya. Pelaksanaan Kerja Praktek Industri disesuaikan dengan program yang ditawarkan oleh mitra yang bersedia menerima mahasiswa. Pada jenis ini, mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan nyata di tempat kerja dan diberikan tugas yang relevan dengan bidang studi mereka waktu kerja praktek umumnya selama 1-2 bulan.

 

Kedua, Kerja praktik juga dapat dikerjakan dilingkungan Fakultas Teknik Udinus dengan mengerjakan project yang di tawarkan oleh masing-masing program studi tanpa mengurangi bobot dan makna dari Kerja Praktik seperti di perusahaan atau Instansi. Untuk pengajuan KP di lingkungan Fakultas Teknik melalui prosedur administrasi sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

Kerja Praktek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh di perkuliahan ke dalam pengalaman praktis di dunia kerja. Selama Kerja Praktek, mahasiswa akan belajar mengenai proses kerja, beradaptasi dengan lingkungan kerja, mengembangkan keterampilan, dan memperluas jaringan profesional. Hal ini membantu mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan peluang mereka dalam memasuki dunia kerja setelah lulus.

 

 

1.2        Tujuan

 

Dengan melaksanakan KP mahasiswa mendapatkan pengalaman bekerja di suatu perusahaan atau institusi, serta mendapatkan gambaran secara nyata kondisi yang ada di industry terkait dengan keilmuan yang dipelajari selama diperkuliahan. Sedangkan untuk tujuan khusus Kerja praktik ini Mahasiswa diharapkan:

 

  1. Mahasiswa mampu menggambarkan permasalahan-permasalahan yang ditemui di suatu perusahan atau instansi tempat kerja praktik serta dapat membandingkan hasil temuan tersebut dengan teori yang selama ini dipelajari

 

  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada di perusahaan atau instansi tempat kerja praktik, serta berusaha untuk mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari selama perkuliahan.  

 

1.3        Ruang Lingkup

Pelaksanaan Kerja Praktik di lingkungan Fakultas Teknik mempunyai Batasan Batasan sebagai berikut :

a.      Pelaksanaan kerja praktik dapat dilakukan pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, UMKM yang memiliki kompleksitas memadai, dan instansi pemerintah. Jika pelaksanaan kerja praktik selain yang disebutkan di atas wajib melaporkan ke Koordinator kerja praktik.

b.     Kerja praktik yang dilakukan secara spesifik ke bagian kerja PPIC, Produksi, Engineering dan Maintenance, Quality Control, Industrial Engineering, Pemasaran, Human Resource Development (HRD), Health, Safety Environment (HSE)

 

1.4        Capaian Pembelajaran (CP)

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi yang telah ditetapkan program studi antara lain:

 

No

CPL

Deskripsi CP

1

CPL 4

Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang keteknik industrian

2

CPL 7

Kemampuan merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan (konstrain) yang diberikan

3

CPL 9

Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat, akuntabel dan menjalankan ektika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknik industrian

4

CPL 10

Kemampuan untuk terlibat dan melakukan aktifitas belajar sepanjang hayat (long-life learning), termasuk akses ke pengetahuan yang relevan dengan isu-isu terkini.

5

CPL 11

Menjadi akademisi yang berperilaku mencerminkan falsafah DIAN NUSWANTORO dan berkontribusi untuk bangsa dan negara

Let's join UDINUS!

Udinus for a brighter future.

Join Us !

Featured Programs

image

PENGANTAR KERJA PRAKTIK

1.1        Deskripsi Mata Kuliah Kerja Praktik Kerja Praktek (KP) atau Internship merupakan ...
image

Dokumen-Dokumen Kerja Praktik

Dokumen / Form yang Dibutuhkan saat pelaksanaan kerja praktik :   A. Pendaftaran dokumen ini digunakan untuk proses pend ...
image

Related Articles

Sabtu, 29 Juli 2023 06:23

PENGANTAR KERJA PRAKTIK

1.1        Deskripsi Mata Kuliah Kerja Praktik Kerja Praktek (KP) atau Internship merupakan ...

Senin, 28 Agustus 2023 14:10

Dokumen-Dokumen Kerja Praktik

Dokumen / Form yang Dibutuhkan saat pelaksanaan kerja praktik :   A. Pendaftaran dokumen ini digunakan untuk proses pend ...

Universitas Dian Nuswantoro — Fakultas Teknik

For a Better Future